IDE materi

IDE materi

Senin, 11 Agustus 2014

RPP Perakitan Komputer KD 20


By on 23.08

RPP Kurikulum 13 Perakitan Komputer KD 20


RPP Kurikulum 2013 Perakitan Komputer 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                        Satuan Pendidikan     : SMK NEGERI
Kelas/Semester            : X TKJ/2 (Genap)
Mata Pelajaran            : Perakitan Komputer
Tema                           : Perawatan Komputer Secara Berkala
Pertemuan Ke             : 17 dan 18
Alokasi Waktu            : 8 x 45 menit (2 pertemuan @4 x 45 menit)
Tahun Pelajaran           : 2013/2014

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa da­lam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan ma­salah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.

B.     Kompetensi Dasar
1.1.       Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2.       Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam.
1.3.       Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
2.1.       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2.       Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.20.   Memahami prosedur perawatan komputer secara berkala.
4.20.   Menyajikan hasil  perawatan komputer secara berkala.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Kognitif:
1.    Menjelaskan prosedur perawatan hardware
2.    Menjelaskan prosedur perawatan software
3.    Menjelaskan cara membuat jadwal perawatan hardware
4.    Menjelaskan cara membuat jadwal perawatan software
Psikomotorik:
1.    Mempresentasikan hasil diskusi tentang perawatan komputer secara berkala
2.    Melakukan perawatan komputer secara berkala
3.     Membuat laporan hasil praktikum perawatan komputer secara berkala
Afektif:
1.    Terlibat aktif dalam pembelajaran perawatan komputer secara berkala
2.    Bekerjasama dalam kegiatan kelompok
3.    Membaca dan memahami informasi yang disajikan dalam  bagan dan kata-kata
4.    Mampu berkomunikasi secara lisan dengan baik
5.    Bekerja dengan cermat dan teliti
6.    Bekerja sesuai dengan prosedur (SOP)
7.    Mampu bekerja dalam dinamika kelompok/tim
8.    Mampu bekerja secara mandiri untuk melakukan perawatan komputer

D.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 17:
1.    Peserta didik mampu menjelaskan prosedur perawatan hardware dengan menunjukkan perilaku jujur, rasa ingin tahu, dan objektif.
2.    Peserta didik mampu menjelaskan prosedur perawatan software dengan menunjukkan perilaku jujur, rasa ingin tahu, dan objektif.
3.    Peserta didik mampu melakukan perawatan hardware dengan menunjukkan perilaku hati-hati, bertanggung jawab, dan teliti.
4.    Peserta didik mampu melakukan perawatan software dengan menunjukkan perilaku hati-hati, bertanggung jawab, dan teliti.
Pertemuan 18:
1.    Peserta didik mampu menjelaskan cara pembuatan jadwal perawatan komputer dengan menunjukkan perilaku jujur, rasa ingin tahu, dan objektif.
2.    Peserta didik mampu membuat jadwal perawatan komputer secara berkala dengan menunjukkan perilaku hati-hati, bertanggung jawab, dan teliti.

E.     Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
1.    Bahan atau peralatan untuk membersihkan komponen PC
a.             Penyedot Debu Mini
Penyedot debu mini hampir sama dengan kuas yang digunakan untuk menghilangkan debu. Namun penyedot debu lebih mudah dan lebih bersih. Pada ujung penyedot debu mini dilengkapi dengan sikat dengan ukuran yang beragam dimaksudkan untuk menyesuaikan luas sempitnya sudut-sudut pada komponen. Alat ini sangat tepat digunakan untuk membersihkan rangkaian di mainboard dan di sudutsudut casing komputer.
Gambar Penyedot Debu Mini
b.             Kain Kering Atau Tisu dan Cairan Pembersih
Kain kering atau tisu digunakan untuk membersihkan kotoran cair yang mungkin akibat softdrink, tinta atau air hujan yang masih segar atau belum mengering. Kotoran cair sangat berbahaya jika tidak segera dibersihkan karena jenis kotoran ini dapat menghantarkan arus sehingga dapat mengakibatkan hubungan pendek atau kerusakan fatal pada komponen PC. Sedangkan Cairan pembersih digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang sudah mengering seperti percikan dari tinta printer.
Gambar Kain Kering dan Cairan Pembersih
c.    Kuas
Kuas merupakan peralatan yang digunakan untuk membersihkan debu atau sarang serangga. Selain itu kuas juga digunakan untuk membersihkan debu-debu yang menutup pada fentilasi casing. Kuas dapat juga digunkan untuk membersihkan motherboard dan sirip heatsink pada prosessor.
Gambar Kuas Pembersih
d.                                                                Disk Cleaner
Disk cleaner digunakan untuk membersihkan head dari diskdrive dari pengaruh debu atau kotoran yang menempel pada head floopy drive. Disk cleaner terdiri dari cairan pembersih dan floopydisk yang piringannya diganti dengan kertas tisu.
Gambar Disk Cleaner
e.    CD Cleaner
CD cleaner prinsip kerjanya sama dengan disk cleaner yaitu dengan menggosok bagian yang berdebu atau kotor dengan cairan pembersih dengan memanfaatkan putaran. Beda cd cleaner dengan disk cleaner hanya terletak pada bentuknya yaitu pada cd cleaner menggunakan sikat kecil atau sirip yang dipasang pada disk.
Gambar CD Cleaner
f.                                                                 Obeng
Obeng merupakan peralatan penting bagi para teknisi komputer, karena dengan alat inilah teknisi mampu membuka dan melepas komponen dalam PC.
Gambar Obeng
g.    Tang
Jenis tang untuk keperluan teknisi dalam melakukan perawatan komponen PC adalah tang cucut dan tang kombinasi. Tang cucut banyak digunakan untuk memegang kepala skrup atau jumper yang kecil. Sedangkan untuk tang kombinasi digunakan untuk memotong kabel dan keperluan lainnya.
Gambar Tang
2.      Perawatan Hardware Komputer
Setiap bagian dari PC membutuhkan perawatan agar terhindar dari kerusakan. Peripheral PC yang membutuhan perawatan tersebut adalah: Mouse, Keyboard, Harddisk, Cd rom, Floppy drive, Monitor, Printer. Semua peripheral tersebut dapat dirawat dengan metode yang biasa digunakan seperti dengan cukup membersihkannya. Bagaimanapun juga metode untuk merawat masing masing bervariasi.
a.    Mouse (Trackball)
Bola mouse atau roller dapat dengan mudah menumpukkan kotoran meskipun kita tutupi saat tidak digunakan. Hal ini dapat mengganggu pergerakan kursor. Untuk menghindari hal ini bagian penggulung dan bola mouse perlu dibersihkan. Untuk membersihkan mouse dan trackball lakukanlah langkah-langkah berikut ini:
1.    Matikan PC
2.    Lepaskan koneksi mouse dari komputer (CPU)
3.    Buka penutup roller yang berada pada bagian belakang/bawah mouse
4.    Keluarkan bola dari mouse
5.    Cuci bola dengan air sabun untuk menghilangkan kotoran yang menempel padanya
6.    Bersihkan roller menggunakan kapas yang diberi cairan isopropyl alcohol
7.    Keringkan bola dan roller dengan kain yang kering
8.    Pasang bola dan tutup kembali bagian belakang mouse
9.    Hubungkan kembali mouse dengan CPU
b.   Keyboard
Keyboard merupakan perangkat yang mudah terkena kotoran. Kotoran ini akan mempengaruhi kerja keyboard jika telah bertumpuk sehingga dapat menghalangi lancarnya penekanan keyboard. Partikel debu juga dapat mengakibatkan hubung singkat pada keyboard sehingga terkadang muncul karakter yang salah ketika tombol ditekan. Cairan yang biasa kita minum seperti kopi atau teh, dapat mengakibatkan hubung singkat pada keyboard jika tumpah. Untuk menghindari hal-hal tersebut, tutup keyboard ketika tidak digunakan. Untuk membersihkan keyboard, ikutilah langkah-langkah berikut ini:
1.    Matikan komputer.
2.    Lepaskan hubungan keyboard dari CPU.
3.    Lepas tombol bagian atas dari keyboard.
4.    Bersihkan debu yang menempel dengan vacuum cleaner.
5.    Bersihkan tombol dengan kapas yang telah diberi alkohol.
6.    Keringkan tombol yang sudah dibersihkan.
7.    Pasang kembali tombol ke keyboard.
8.    Sambungkan kembali keyboard dengan CPU.
c.    Floppy drive
Meskipun saat ini sudah sangat jarang digunakan namun pada beberapa tempat dan kondisi, floppy masih dipakai. Floppy akan sangat sulit diakses jika terdapat kotoran yang menumpuk pada drivenya terutama pada bagian head pembacanya. Kotoran ini tidak hanya dapat menghalangi pembacaan namun dapat merusak floppy yang kita gunakan. Untuk menghindari kerusakan yang terjadi, bersihkan floppy drive dengan satu set perangkat pembersih floppy drive. Satu set ini terdiri dari disket pembersih dan sebotol isopropyl alcohol.
Gambar Pembersih floppy driver
Gambar Head floppy yang sering kotor
Langkah-langkah untuk membersihkan floppy drive adalah sebagai berikut:
1.   Teteskan alkohol pada daerah permukaan yang biasa dibaca pada disket pembersih.
2.   Masukkan disket pembersih ke dalam floppy drive (ketika floppy berputar sekaligus membersihkan head pembaca pada floppy drive).
3.   Setelah selesai berputar, cabut kembali disket pembersih dari floppy drive.
d.   CD/DVD drive
Untuk membersihkan head pembaca atau bagian optik dari CD-ROM, diperlukan perangkat yang disebut dengan CD Lens Cleaner. Perangkat ini terdiri dari sebuah CD dan sebotol isopropyl alcohol. CD yang digunakan bentuknya seperti CD biasa namun memiliki sikat yang kecil pada bagian track 0 (Lihat pada gambar terdapat strip putih pada CD yang merupakan sikat kecil).
Gambar CD cleaner
Langkah-langkah yang dilakukan untuk membersihkan CD Rom drive adalah sebagai berikut:
1.      Teteskan cairan pada sikat pembersih yang berada pada CD
2.      Masukkan CD ke dalam drive
3.      Akses drive sehingga CD akan berputar dan membersihkan lensa pembaca pada CD drive. Lakukan beberapa kali jika dirasa masih belum selesai.
4.      Keluarkan CD dari drive.
e.    Harddisk drive
Harddisk merupakan media penyimpanan yang tertutup sehingga tidak begitu banyak perawatan yang perlu dilakukan. Namun bagaimanapun juga masalah akan selalu muncul. Untuk menghindari kerusakan beberapa hal perlu diperhatikan dan diukur pada harddisk yaitu:
Gambar Harddisk
1.      Panas: harddisk dapat menghasilkan panas pada saat dijalankan. Untuk menghindari panas yang berlebihan, pastikan bahwa bagian dalam casing memiliki pendingin serta sistem ventilasi yang cukup. Jauhkan harddisk dari komponen yang menghasilkan panas tinggi dan debu yang banyak.
2.      Getaran: jika harddisk menghasilkan getaran yang tidak biasa, hal tersebut menunjukkan terdapat masalah pada harddisk tersebut. Untuk mengetahui masalahnya adalah dengan cara memeriksa sekrup-sekrup yang terpasang pada harddisk apakah sudah terpasang dengan benar atau tidak.
3.      Shock/kejutan: harddisk dapat mengalami kerusakan permanen jika dipindahkan dalam keadaan masih berputar karena hal tersebut  menghasilkan kejutan terhadap harddisk. Untuk menghindari hal ini jangan terlalu sering memindahkan harddisk dan pastikan harddisk dalam keadaan diam pada saat akan dipindahkan. Untuk memindahkan harddisk, pastikan terlebih dahulu bahwa komputer dalam keadaan tidak menyala, dan lepaskan kabel power dari harddisk.
f.     Monitor
Monitor yang beredar di pasaran saat ini terdiri dari dua jenis yaitu monitor dengan CRT (Chatode Ray Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display). Monitor merupakan peripheral yang mampu mengumpulkan debu dengan cepat akibat dari medan eletrostatik yang dihasilkannya. Untuk itu diperlukan pembersihan pada bagian luar casing dan layarnya. Cara membersihkan monitor ditentukan oleh tipe monitor yang digunakan.  Untuk membersihan monitor tipe CRT lakukanlah langkah-langkah berikut:
1.    Lepaskan monitor dari CPU dan lepaskan pula koneksi listriknya
2.    Siapkan alat pembersih: kain yang agak basah atau pembersih untuk kaca mobil
3.    Bersihkan bagian kaca depan monitor dan casing dengan merata
4.    Jangan gunakan terlalu banyak air
5.    Jangan semprotkan cairan apapun secara langsung pada bagian monitor
6.    Hindari membuka casing karena pada bagian dalam sering tersisa tegangan listrik yang tinggi  
g.                                                                            Printer
Printer mengumpulkan debu pada saat mencetak. Potongan-potongan kecil kertas juga dapat menempel di dalam printer. Partikel-partikel debu dan potongan kertas dapat menghasilkan beda potensial listrik yang tentunya dapat mengganggu komponen yang ada dalam printer. Selain itu jika terlalu banyak debu dan kotoran lain yang menempel pada komponen printer, dapat mengakibatkan keausan pada komponen-komponennya. Untuk menghindari kejadian tersebut, lakukanlah perawatan pada printer dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:
1.   Selalu gunakan kertas yang bersih dan berujung halus serta tidak ada sisa potongan kertas yang masih menempel
2.   Bersihkan potongan-potongan kertas yang ada
3.   Untuk membersihkan debu dan potongan kertas yang menempel, gunakan penyedot debu.
2.      Perawatan secara software
Pada beberapa sistem operasi, ukuran data yang besar terkadang tersebar pada beberapa cluster harddisk. Ketika mengakses data seperti ini tentunya akan lebih menghabiskan lebih banyak waktu. Cluster harddisk yang jelek perlu dikenali dan ditandai agar aplikasi tidak menggunakannya. Permasalahan ini dapat dicegah dengan menggunakan software yang dapat menjaga data dalam komputer. Software yang dapat digunakan untuk melakukan hal tersebut diantaranya adalah: Chkdsk, Disk Defragmenter, Scandisk. Software lain yang dapat digunakan untuk mencegah permasalahan sistem adalah antivirus yang berfungsi untuk menjauhkan komputer kita dari kerusakan karena serangan virus.
a.    CHKDSK
CHKDSK merupakan aplikasi berbasis DOS atau aplikasi yang diakses melalui command prompt. CHKDSK digunakan untuk memeriksa keadaan harddisk atau drive yang terhubung dengan PC. Dengan CHKDSK dapat diperoleh informasi mengenai harddisk apakah terdapat error atau tidak. Untuk menggunakan chkdsk dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut ini:
1.    Jalankan command prompt
2.    ketikkan perintah ckhdsk G: untuk memeriksa keadaan drive G.
3.    Tunggu hingga proses selesai dan menampilkan hasil seperti gambar di bawah ini.
RPP Kurikulum 13 Perakitan Komputer KD 20

Gambar Penggunaan CHKDSK
4. Jika terdapat error pada drive, chkdsk dapat digunakan untuk memperbaiki error tersebut dengan menggunakan pilihan /F.
5. Untuk memisahkan bagian badsector dapat digunakan pilihan /R yang biasanya berhubungan erat dengan /F
Aplikasi CHKDSK atau pemeriksaan drive dapat juga dilakukan melalui antarmuka grafis sebagai berikut:
1.    Buka Windows Explorer
2.    Pilih drive yang ingin diperiksa dengan klik kanan dan pilih properties
3.    klik tab tools
RPP Kurikulum 13 Perakitan Komputer KD 20

4.    Pada bagian error-checking klik check now. Akan ditampilkan menu sebagai berikut:
RPP Kurikulum 13 Perakitan Komputer KD 20

5.    Untuk memulai pemeriksaan, klik tombol start
6.    tunggu hingga selesai dan menampilkan hasil sebagai berikut ini:
RPP Kurikulum 13 Perakitan Komputer KD 20

7.         Jika tidak terdapat error maka drive dalam keadaan baik.
b.    Scandisk
Scandisk sebenarnya aplikasi untuk memeriksa harddisk pada windows 9x yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan chkdsk.
1.    Buka scandisk dengan cara klik startàaccessoriesàSystem ToolsàScandisk.
RPP Kurikulum 13 Perakitan Komputer KD 20

2.    Jika berjalan, maka akan ditampilkan aplikasi scandisk sebagai berikut:
RPP Kurikulum 13 Perakitan Komputer KD 20

3.    Pilih drive kemudian lakukan proses scandiks dengan menekan tombol start.
4.    Tunggu proses scandisk hingga selesai.
c.    Disk Defragmenter
Proses penulisan dan penghapusan data pada harddisk dapat mengakibatkan ketidak teraturan letak file dalam harddisk sehingga menghasilkan file yang terfragmentasi. File yang terfragmentasi (Gambar 2-63) dalam harddisk dapat menghasilkan kinerja harddisk yang kurang baik. Dengan demikian diperlukan software yang dapat merapikan file-file yang terfragmentasi tersebut. Software tersebut adalah disk defragmenter. Jika disk defragmenter memperoleh hasil analisa bahwa keadaan drive terfragmentasi, maka akan ditampilkan hasil bahwa drive tersebut harus didefragmentasi.
RPP Kurikulum 13 Perakitan Komputer KD 20

Gambar Disk yang terfragmentasi
RPP Kurikulum 13 Perakitan Komputer KD 20

Gambar Drive harus didefragment
Pertemuan 2
Penjadwalan Perawatan PC
 Untuk menjaga komputer agar tidak bermasalah, perawatan perlu dilakukan secara berkala. Dengan demikian harus dilakukan penjadwalan untuk melaksanakan perawatan terhadap sistem komputer. Interval waktu untuk memutuskan kapan harus dilakukan perawatan dapat ditentukan dengan mempertimbangkan dua hal yaitu waktu yang telah dihabiskan dan lama serta gaya pemakaian dari pengguna. Tabel berikut ini dapat digunakan untuk rujukan melakukan beberapa perawatan terhadap komputer.
Tabel Penjadwalan Perawatan PC
Aktifitas
Frekwensi yang disarankan
Kemungkinan dilakukan otomatisasi
Cek error file system
Harian
Ya
Scan virus
Harian
Ya
Membersihkan layar monitor
Mingguan
Tidak
Defragmentasi harddisk
Mingguan
Ya
Scandisk
Mingguan
Ya
Membersihkan mouse
Bulanan
Tidak
Memeriksa pendingin dan pasta pendingin prosesor
Tahunan
Tidak
Memeriksa suhu dan getaran pada harddisk
Tahunan
Tidak
Membersihkan casing CPU
Tahunan
Tidak
Membersihkan keyboard
Tahunan
Tidak
Hal yang terpenting dalam melakukan perawatan berkala adalah selalu disiplin dalam melaksanakan jadwal yang telah ditentukan.

F.       Metode Pembelajaran
1.                            Model              : Cooperative Learning
2.                            Metode            : Cooperative, Integrated, Reading, and Composition (CIRC)
3.    Strategi           : Pendekatan Scientific

G.      Kegiatan Pembelajaran
SKENARIO PEMBELAJARAN PERTEMUAN 17
Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Alokasi waktu
Guru
Peserta didik
Pendahuluan (15’)

·  Salam
Guru memasuki ruangan LAB
·        Guru mengucapakan salam sebagai pembuka pelajaran

·        Peserta didik menjawab salam guru dengan kompak

1’
·  Doa
(Memulai pelajaran)
·        Guru menunjuk ketua kelas untuk memimpin do’a sebelum memulai pembelajaran agar kegiatan pembelajaran berrjalan lancar dan mendapatkan ridho dari ALLAH SWT
·        Peserta didik berdo’a menurut agama dan kepercayaannya masing-masing agar kegiatan pembelajaran berjalan lancar dan mendapatkan ridho dari ALLAH SWT

1’
·  Kehadiran

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan memanggil satu-persatu nama siswa sesuai nomor urut yang ada di absensi
·        Peserta didik menjawab presensi dari guru dengan mengacungkan tangan dan menjawab “Hadir Bu”
3’
·  Apersepsi dan Motivasi













·        Guru memulai pembelajaran dengan melakukan apersepsi dengan cara memberi gambaran tentang materi yang akan dipelajari dan menunjukkan pentingnya materi dalam kehidupan sehari-hari dan untuk masa depan peserta didik; dengan gaya dialog
·        Peserta didik memperhatikan dan termotivasi dengan gambaran materi yang diberikan oleh guru dengan memberikan respon yang baik dan berusaha memahami penyampaian guru

5’
·        Guru membimbing dan membantu peserta didik untuk memahamkan tujuan pembelajaran dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan agar anak-anak aktif untuk menentukan tujuan pembelajaran
·        Peserta didik memahami tujuan pembelajaran dengan menjawab pertanyan dari guru dan secara aktif mereka menyebutkan tujuan pembelajaran sesuai dengan pemahaman peserta didik
5’
Kegiatan Inti (150’)
·   Pembentukan kelom­pok
·       Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok @ 4 orang sesuai dengan karakteristik peserta didik
·       Peserta didik berkumpul dan berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah ditunjuk oleh guru dengan senang hati
10’



·   Pemahaman Awal
·       Guru menjelaskan cara perawatan hardware dan software kepada peserta didik sebagai pemahaman awal materi

·       Guru memberikan masalah yang sama kepada setiap kelompok tentang prosedur perawatan hardware dan software
·       Peserta didik memperhatikan materi yang dijelasksn oleh guru dengan kritis, tekun, dan kreatif sebagai pemahaman awal materi yang akan dipelajari
·       Peserta didik memperhatikan penjelasan guru dan mencatat tugas yang akan didiskusikan secara berkelompok
15’
·   Diskusi Kelompok
·       Guru memberikan modul kepada setiap kelompok sebagai bahan yang akan dipelajari dan didiskusikan untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru
·       Guru meminta setiap kelompok untuk bekerjasama mendiskusikan prosedur perawatan hardware dan software dengan penuh tanggung jawab dan toleran
·       Selama diskusi berlangsung, guru membimbing dan memantau jalannya diskusi masing-masing kelompok dan mengarahkan kelompok yang mengalami kesulitan
·       Setiap kelompok menerima modul sebagai bahan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh guru


·       Peserta didik melakukan diskusi kelompok dengan bekerjasama, penuh tanggung jawab, dan toleran selama melakukan diskusi



·       Peserta didik bertanya dengan sopan kepada guru apabila mengalami kesulitan selama proses diskusi berlangsung

35’
·  Tugas Praktikum (Individu)


·       Guru memberikan tugas individu kepada peserta didik untuk melakukan praktikum prosedur perawatan hardware dan software secara mandiri dan teliti
·       Guru menuliskan di papan tulis sistematika penyusunan laporan hasil diskusi dan praktikum yang telah dilakukan oleh peserta didik
·       Peserta didik secara mandiri dan teliti melakukan praktikum prosedur perawatan hardware dan software



·       Peserta didik membuat laporan hasil diskusi dan praktikum sebagai tugas kelompok dan tugas individu sesuai dengan sistematika penyusunan laporan yang ditentukan oleh guru
50’





·  Penyampai­an Hasil
·       Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan laporan hasil diskusi dan praktikumnya
·       Guru memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk menanggapi prensentasi dari peserta didik yang maju di depan kelas
·       Kelompok yang dipanggil oleh guru mempresentasikan laporan hasil diskusi dan praktikumnya di depan kelas

·       Kelompok yang lain menanggapi presentasi dari peserta didik yang maju di depan kelas secara sopan
30’
·   Penyusunan Kesimpulan




·       Guru membimbing peserta didik menyimpulkan jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disajikan; dengan gaya ceramah
·       Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disajikan
10’




Penutup (15’)
·   Refleksi
·       Guru mengajak para peserta didik untuk merefleksi belajarnya: apa yang sulit dipelajari, masalah apa yang dirasakan, bagaimana kesuksesan dan/atau kegagalan dalam pekerjaannya.
·       Peserta didik menjawab dan mengajukan pertanyaan kepada guru dengan sopan
10’
·  Tindak lanjut

·        Guru meberikan tugas rumah untuk peserta didik yang kurang memahami materi dan memberikan pengayaan untuk peserta didik yang sudah memahami materi
·       Peserta didik yang kurang memahami materi mencatat tugas rumah yang diberikan oleh guru dan peserta didik yang sudah memahami materi mencatat pengayaan yang diberikan oleh guru
2’

·        Guru memberitahukan kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
·       Peserta didik memperhatikan dan memberi tanda pada buku referensi mereka tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
2’
·  Doa
(Mengakhiri Pelajaran)
·        Guru mengakhiri pelajaran dengan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa
·       Peserta didik berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing
1’



SKENARIO PEMBELAJARAN PERTEMUAN 18
Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Alokasi waktu
Guru
Peserta didik
Pendahuluan (15’)

·  Salam
Guru memasuki ruangan LAB
·        Guru mengucapakan salam sebagai pembuka pelajaran

·        Peserta didik menjawab salam guru dengan kompak

1’
·  Doa
(Memulai pelajaran)
·        Guru menunjuk ketua kelas untuk memimpin do’a sebelum memulai pembelajaran agar kegiatan pembelajaran berrjalan lancar dan mendapatkan ridho dari ALLAH SWT
·        Peserta didik berdo’a menurut agama dan kepercayaannya masing-masing agar kegiatan pembelajaran berjalan lancar dan mendapatkan ridho dari ALLAH SWT
1’
·  Kehadiran

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan memanggil satu-persatu nama siswa sesuai nomor urut yang ada di absensi
·        Peserta didik menjawab presensi dari guru dengan mengacungkan tangan dan menjawab “Hadir Bu”
3’
·  Apersepsi dan Motivasi













·        Guru memulai pembelajaran dengan melakukan apersepsi dengan cara memberi gambaran tentang materi yang akan dipelajari dan menunjukkan pentingnya materi dalam kehidupan sehari-hari dan untuk masa depan peserta didik; dengan gaya dialog
·        Peserta didik memperhatikan dan termotivasi dengan gambaran materi yang diberikan oleh guru dengan memberikan respon yang baik dan berusaha memahami penyampaian guru

5’
·        Guru membimbing dan membantu peserta didik untuk memahamkan tujuan pembelajaran dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan agar anak-anak aktif untuk menentukan tujuan pembelajaran
·        Peserta didik memahami tujuan pembelajaran dengan menjawab pertanyan dari guru dan secara aktif mereka menyebutkan tujuan pembelajaran sesuai dengan pemahaman peserta didik
5’
Kegiatan Inti (150’)
·   Pembentukan kelom­pok
·       Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok @ 4 orang sesuai dengan karakteristik peserta didik
·       Peserta didik berkumpul dan berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah ditunjuk oleh guru dengan senang hati
10’



·   Pemahaman Awal
·       Guru menjelaskan cara perawatan hardware dan software kepada peserta didik sebagai pemahaman awal materi

·       Guru memberikan masalah yang sama kepada setiap kelompok tentang prosedur perawatan hardware dan software
·       Peserta didik memperhatikan materi yang dijelasksn oleh guru dengan kritis, tekun, dan kreatif sebagai pemahaman awal materi yang akan dipelajari
·       Peserta didik memperhatikan penjelasan guru dan mencatat tugas yang akan didiskusikan secara berkelompok
15’
·   Diskusi Kelompok
·       Guru memberikan modul kepada setiap kelompok sebagai bahan yang akan dipelajari dan didiskusikan untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru
·       Guru meminta setiap kelompok untuk bekerjasama mendiskusikan cara pembuatan jadwal perawatan komputer dengan penuh tanggung jawab dan toleran
·       Selama diskusi berlangsung, guru membimbing dan memantau jalannya diskusi masing-masing kelompok dan mengarahkan kelompok yang mengalami kesulitan
·       Setiap kelompok menerima modul sebagai bahan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh guru

·       Peserta didik melakukan diskusi kelompok dengan bekerjasama, penuh tanggung jawab, dan toleran selama melakukan diskusi

·       Peserta didik bertanya dengan sopan kepada guru apabila mengalami kesulitan selama proses diskusi berlangsung

35’
·  Tugas Praktikum (Individu)


·       Guru memberikan tugas individu kepada peserta didik untuk membuat jadwal perawatan komputer secara mandiri dan teliti
·       Guru menuliskan di papan tulis sistematika penyusunan laporan hasil diskusi dan praktikum yang telah dilakukan oleh peserta didik
·       Peserta didik secara mandiri dan teliti membuat jadwal perawatan komputer


·       Peserta didik membuat laporan hasil diskusi dan praktikum sebagai tugas kelompok dan tugas individu sesuai dengan sistematika penyusunan laporan yang ditentukan oleh guru
50’





·  Penyampai­an Hasil
·       Guru memanggil salah satu kelompok untuk mempresentasikan laporan hasil diskusi dan praktikumnya
·       Guru memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk menanggapi prensentasi dari peserta didik yang maju di depan kelas
·       Kelompok yang dipanggil oleh guru mempresentasikan laporan hasil diskusi dan praktikumnya di depan kelas
·       Kelompok yang lain menanggapi presentasi dari peserta didik yang maju di depan kelas secara sopan
30’
·   Penyusunan Kesimpulan




·       Guru membimbing peserta didik menyimpulkan jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disajikan; dengan gaya ceramah
·       Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang disajikan
10’




Penutup (15’)
·   Refleksi
·       Guru mengajak para peserta didik untuk merefleksi belajarnya: apa yang sulit dipelajari, masalah apa yang dirasakan, bagaimana kesuksesan dan/atau kegagalan dalam pekerjaannya.
·       Peserta didik menjawab dan mengajukan pertanyaan kepada guru dengan sopan
10’
·  Tindak lanjut

·        Guru meberikan tugas rumah untuk peserta didik yang kurang memahami materi dan memberikan pengayaan untuk peserta didik yang sudah memahami materi
·       Peserta didik yang kurang memahami materi mencatat tugas rumah yang diberikan oleh guru dan peserta didik yang sudah memahami materi mencatat pengayaan yang diberikan oleh guru
2’

·        Guru memberitahukan kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
·       Peserta didik memperhatikan dan memberi tanda pada buku referensi mereka tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
2’
·  Doa
(Mengakhiri Pelajaran)
·        Guru mengakhiri pelajaran dengan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa
·       Peserta didik berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing
1’

H.    Alat dan Sumber Belajar
1.      Alat:
Komputer dan toolkit perawatan komputer
2.      Media:
Komputer, toolkit perawatan komputer, dan LCD
3.      Sumber:
ITE Ver 3.1 Cisco Networking Academy Program
Ningrum, A. 2013. Modul Perakitan Komputer: Digunakan untuk kalangan sendiri. Kediri : SMKN Kediri, tidak diterbitkan.

I.       Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.      Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Aktif
Pengamatan
Proses Diskusi

Lembar Pengamatan
Penilaian Sikap
2.
Jujur
3.
Disiplin
4.
Tanggung jawab
5.
Toleran
6.
Bekerjasama
7.
Perawatan hardware
Pengamatan
Proses Praktikum
Lembar Pengamatan
Penilaian Psikomotorik
8.
Perawatan software
9.
Pembuatan jadwal untuk perawatan hardware
10.
Pembuatan jadwal untuk perawatan software
11.
Sistematika penulisan
Laporan
Setelah Diskusi
Lembar Portofolio
Penilaian Laporan
12.
Kerapian laporan
13.
Bahasa yang digunakan
14.
KD “Memahami prosedur perawatan komputer secara berkala
Tes Tulis
Setelah Praktikum
Soal Pilihan ganda dan Essay
Penilaian Kognitif

2.      Instrumen Penilaian untuk KD “Memahami prosedur perawatan komputer secara berkala
                        I.     Soal Pilihan Ganda
Pilih jawaban yang paling tepat dan beri tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D, atau E pada lembar jawaban yang tersedia.
1.    Dibawah ini adalah tool – tool perawatan PC, kecuali …
A. Disk Defragmenter                  D. Hiren Boot’s CD
B. Reg Cleaner                              E. NetBios
C. Tune Up Utility                               
2.    Yang termasuk alat – alat untuk perawatan PC, kecuali …
A. Vaccum Cleaner                       D. Cotton Bud
B. CD Cleaner                               E. Kuas
C. Tang Krimping                       
3.    Alat yang digunakan untuk perawatan PC yang berfungsi untuk membersihkan head dari diskdrive adalah
A. Disk Cleaner                             D. Kuas
B. CD Cleaner                                           E. Penyedot Debu
C. Obeng
4.    Dalam log sheet perawatan dan perbaikan komputer yang perlu dilaporkan meliputi, kecuali…
A. Nama periferal dan spesifikasi
B. Toko di mana periferal di beli
C. Gejala kerusakan peripheral PC
D. Tanggal dan waktu kapan dilakukan maintenance
E. Tindakan korektif untuk melakukan perbaikan terhadap periferal
5.    Jenis tang yang banyak digunakan untuk memegang jumper yang kecil yaitu …
A. Tang potong                            D. Tang kembang
B. Tang negatif                            E. Tang cucut
C. Tang positif
6.    Termal paste digunakan sebagai pendingin pada komponen …
A. RAM                                       D. VGA card
B. Processor                                 E. Motherboard
C. Harddisk
7.    Tool yang digunakan untuk memeriksa struktur file sistem adalah …
A. Disk Defragmenter                  D. NetBios
B. Reg Cleaner                             E. Scan Disk
C. Tune Up Utility
8.    Berikut tool yang digunakan untuk mengecek komponen PC , kecuali
A. Device Manager                     D. Scan Disk
B. Bios                                         E. Regedit
C. Direct X
9.    Yang bukan termasuk program antivirus ….
A. Panda                                                  D. Deeprez
B. Escan                                       E. Avira
C. Esset
10.    DirectX merupakan tool bawaan windows yang digunakan untuk mendiagnosa semua hardware yang berhubungan dengan  ….
A. prosesor, RAM, dan harddisk
B. motherboard, power supply, dan UPS
C. keyboard, mouse, dan printer
D. grafis, network, dan multimedia
E. VGA card, LAN card, dan sound card
                         II.     Soal Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan teliti dan benar!
1.    Jelaskan cara membersihkan monitor!
2.    Sebutkan langkah-langkah membersihkan keyboard!
KUNCI JAWABAN DAN RUBRIK PENILAIAN
A.  PILIHAN GANDA
No. Soal
Jawaban
Skor
1.
D (Hiren Boot’s CD)
1
2.
C (Tang Krimping)
1
3.
A (Disk Cleaner)
1
4.
B (Toko di mana periferal di beli)
1
5.
E (Tang cucut)
1
6.
B (Processor)
1
7.
A (Disk Defragmenter)
1
8.
D (Scan Disk)
1
9
D (Deeprez)
1
10.
D (grafis, network, dan multimedia)
1

                       Skor Perolehan
Nilai PG =                                 X 50
                    Skor Maksimal

 





B.  URAIAN
No. Soal
Jawaban
Skor
1
Jawaban lengkap dan benar
a.     Lepaskan monitor dari CPU dan lepaskan pula koneksi listriknya
b.     Siapkan alat pembersih: kain yang agak basah atau pembersih untuk kaca mobil
c.     Bersihkan bagian kaca depan monitor dan casing dengan merata
d.     Jangan gunakan terlalu banyak air
e.     Jangan semprotkan cairan apapun secara langsung pada bagian monitor
f.      Hindari membuka casing karena pada bagian dalam sering tersisa tegangan listrik yang tinggi
6
Menyebutkan 5 jawaban benar
5
Menyebutkan 4 jawaban benar
4
Menyebutkan 3 jawaban benar
3
Menyebutkan 2 jawaban benar
2
Menyebutkan 1 jawaban benar
1
Jawaban salah
0
2
Jawaban lengkap dan benar
a.     Matikan komputer.
b.     Lepaskan hubungan keyboard dari CPU.
c.     Lepas tombol bagian atas dari keyboard.
d.     Bersihkan debu yang menempel dengan vacuum cleaner.
e.     Bersihkan tombol dengan kapas yang telah diberi alkohol.
f.      Keringkan tombol yang sudah dibersihkan.
g.     Pasang kembali tombol ke keyboard.
h.     Sambungkan kembali keyboard dengan CPU
8
Menyebutkan 7 jawaban benar
7
Menyebutkan 6 jawaban benar
6
Menyebutkan 5 jawaban benar
5
Menyebutkan 4 jawaban benar
4
Menyebutkan 3 jawaban benar
3
Menyebutkan 2 jawaban benar
2
Menyebutkan 1 jawaban benar
1
Jawaban salah
0

                                  Skor Perolehan
Nilai Uraian =                                 X 50
                           Skor Maksimal

 

Nilai Total
Nilai Total = Nilai PG + Nilai Uraian

 





Mengetahui                                                                 Kediri,     Januari 2014
Kepala Sekolah SMKN                                              Guru Mata Pelajaran



(……………………….)                                            Guru Mapel S.Kom
NIP.


Lampiran 1
REKAPITULASI PENSKORAN PENGUKURAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL
No
Nama Siswa
Sikap Spiritual dan Sosial
Skor
Deskripsi
Tekun
Kerjasama
Tanggung jawab
Toleran
Kreatifitas
Kejujuran
Kecermatan
Santun
Responsif
Proaktif
Taat menjalankan agama
1.













Siswa sudah menunjukkan sikap toleran, jujur, dan taat menjalankan perintah agamanya akan tetapi ketaatan terhadap perintah agama masih perlu ditingkatkan.
2.














3.














4.















RUBRIK PENSKORAN
Aspek : Tekun
No.
Indikator Tekun
Penilaian Tekun
1.
Menyukai tantangan
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Giat dalam belajar dan bekerja
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Tidak mudah menyerah menghadapi kesulitan
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Berusaha menjadi lebih baik
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik



Aspek : Kerjasama
No.
Indikator Kerjasama
Penilaian Kerjasama
1.
Terlibat aktif dalam bekerja kelompok
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Bersedia membantu orang lain dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Rela berkorban untuk teman lain
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik

Aspek : Tanggungjawab
No.
Indikator Tanggungjawab
Penilaian Tanggungjawab
1.
Melaksanakan tugas individu dengan baik
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Mengembalikan barang yang dipinjam
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik

Aspek : Toleran
No.
Indikator Toleran
Penilaian Toleran
1.
Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator yang konsisten ditunjukkan peserta didik
2.
Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender
Skor 2 jika 2indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
3.
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
Skor 3 jika 3indikator kosisten ditunjukkan peserta didik
4.
Dapat mememaafkan kesalahan/kekurangan orang lain
Skor 4 jika 4 indikator konsisten ditunjukkan peserta didik




Aspek : Kreativitas
No.
Indikator Kreativitas
Penilaian Kreativitas
1.
Dapat menyatakan pendapat dengan jelas (ideational fluency)
-  Skor 1 jika 1 sampai 2 indikator muncul
-  Skor 2 jika 3 sampai 4 indikator muncul
-  Skor 3 jika 4 sampai 5 indikator muncul
-  Skor 4 jika 6 sampai 7indikator muncul
2.
Dapat menemukan ide baru yang belum dijelaskan guru (originality)
3.
Mengenali masalah yang perlu dipecahkan dan tahu bagaimana memecahkannya (critical thinking)
4.
Senang terhadap materi pelajaran dan berusaha mempelajarinya (enjoyment)
5.
Mempunyai rasa seni dalam memecahkan masalah (aesthetics)
6.
Berani mengambil risiko untuk menemukan hal-hal yang baru (risk-taking)
7.
Mencoba berulang-ulang untuk menemukan ide yang terbaik (cyclical procedure)

Aspek : Kejujuran
No.
Indikator Kejujuran
Penilaian Kejujuran
1.
Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
-  Skor 1 jika 1 sampai 2 indikator muncul
-  Skor 2 jika 3 sampai 4 indikator muncul
-  Skor 3 jika 5 indikator muncul
-  Skor 4 jika 6 indikator muncul
2.
Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
3.
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
4.
Melaporkan barang yang ditemukan
5.
Melaporkan data atau informasi apa adanya
6.
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

Aspek : Kecermatan
No.
Indikator Kecermatan
Penilaian Kecermatan
1.
Mengerjakan tugas dengan teliti
Skor 1 jika 1 indikator muncul
2.
Berhati-hati dalam menggunakan peralatan
Skor 2 jika 2 indikator muncul
3.
Memperhatikan keselamatan diri
Skor 3 jika 3 indikator muncul
4.
Memperhatikan keselamatan lingkungan
Skor 4 jika 4 indikator muncul

Aspek : Santun
No.
Indikator Santun
Penilaian Santun
1.
Baik budi bahasanya (sopan ucapannya)
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2.
Menggunakan ungkapan yang tepat
Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
3.
Mengekspresikan wajah yang cerah
Skor 3 jika terpenuhi tiga indikator
4.
Berperilaku sopan
Skor 4 jika terpenuhi semua indikator

Aspek : Responsif
No.
Penilaian Responsif
1.
Skor 1 jika acuh (tidak merespon)
2.
Skor 2 jika ragu-ragu/bimbang dalam merespon
3.
Skor 3 jika lamban memberikan respon/tanggapan
4.
Skor 4 jika cepat merespon/menanggapi

Aspek : Proaktif
No.
Indikator Proaktif
Penilaian Proaktif
1
berinisiatif dalam bertindak
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2
mampu menggunakan kesempatan
Skor 2 jikaterpenuhi dua indikator
3
memiliki prinsip dalam bertindak (tidak ikut-ikutan)
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4
bertindak dengan penuh tanggung jawab
Skor 4 jikaterpenuhi semua indikator

Aspek : Taat menjalankan agama
No.
Indikator Ketaatan Menjalankan Agama
Penilaian Ketaatan Menjalankan Agama
1
Disiplin (selalu tepat waktu) dalam menjalankan agamanya
Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
2
Teratur dalam menjalankan agamanya
Skor 2 jikaterpenuhi dua indikator
3
Bersungguh-sungguh menjalankan ajaran agama
Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
4
Berakhlak/berperilaku santun dan menghargai orang lain
Skor 4 jikaterpenuhi semua indikator


Lampiran 2
Lembar Penilaian Antar Teman

Nama Peserta Didik    : …………………
Kelas                           : ………………
Materi Pokok             : …………………..
Tanggal                       : ………………….
Berilah tanda cek pada kolom pilihan berikut dengan
4 = selalu
3 = sering
2 = jarang
1 = tidak pernah

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
4
3
2
1
2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




3
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Melaporkan data atau informasi apa adanya




..
……………………………………………………..




Jumlah



















Lampiran 3
Lembar Pengamatan Sikap

Nama Peserta Didik    : …………………
Kelas                           : ………………
Materi Pokok             : …………………..
Tanggal                       : ………………….

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kesantunan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap santun yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

No
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
Menghormati orang yang lebih tua
4
3
2
1

2
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain





3
Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat





4
Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman





5
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain





Jumlah

















Lampiran 4
Lembar Penilaian Diri

Nama Peserta Didik    : …………………
Kelas                           : ………………
Materi Pokok             : …………………..
Tanggal                       : ………………….

PETUNJUK
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
2. Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari

No
KD/Pernyataan
Tanggapan
Verifikasi Guru
TP
KD
SR
SL
ya
tidak
1
Saya menyontek pada saat mengerjakan Ulangan







2
Saya menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas






3
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang






4
Saya berani mengakui kesalahan yang dilakukan






5
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain







Keterangan :
SL = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
SR = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
KD = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
TP = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Petunjuk Penyekoran:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan


Lampiran 5

1. Jobsheet Praktik
JOBSHEET PRAKTIKUM
Satuan Pendidikan             : SMK
Kelas/semester                  : X / 2 (Genap)
Mata Pelajaran                 : Perakitan Komputer
Alokasi Waktu                 : 4 x 45 Menit
Kompetensi Dasar:
Perawatan Komputer Secara Berkala
Materi Dasar:
Perawatan hardware dan software
Tugas Peserta Didik:
a. Melakukan perawatan hardware
b. Melakukan perawatan software
A. Petunjuk Praktik
1. Siapkanlah peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan
2. Lakukan perawatan hardware
3. Lakukan perawatan software
4. Simpanlah peralatan pada tempatnya
B. Keselamatan Kerja
1. Gunakanlah pakaian kerja
2. Siapkan/kontrol media dan peralatan yang akan dipraktikkan
3. Ikutilah instruksi dari instruktur ataupun prosedur kerja yang tertera pada lembar kerja
4. Mintalah ijin dari instruktur anda bila hendak melakukan pekerjaan yang tidak tertera pada lembar kerja
5. Bersihkan/rapikan dan kontrol kembali media dan peralatan selesai praktik
C. Alat dan Bahan:
1. Komputer

2. Penilaian Psikomotorik
No.
Sub Komponen Penilaian
Indikator
Skor
1.
Keselamatan Kerja

§  Memakai pakaian kerja
§  Menyalakan komputer sesuai SOP
§  Menyimpan peralatan setelah praktik
2
2
2
(6)
2.
Persiapan Peralatan



§  Menyiapkan alat
§  Menyiapkan komputer
§  Menyiapkan job sheet

2
2
2
(6)
3.



Proses Kerja



§  Melakukan perawatan hardware
§  Melakukan perawatan software

4
4
 (8)
4.
Hasil Praktik

§  Komputer terlihat bersih
4
 (4)
5.
Waktu Penyelesaian Praktik


§  Waktu penyelesaian praktik lebih cepat dan pekerjaan benar
§  Waktu penyelesaian praktik tepat sampai batas yang ditentukan dan pekerjaanbenar
§  Waktu melebihi batas yang ditentukan
4

3

1
(8)
Catatan:
Peserta didik dinyatakan kompeten bila skor minimal pada:
a. Penerapan prosedur keselamatan kerja : 5
b. Penerapan prosedur kerja                       : 8
c. Hasil kerja                                              : 4
d. Waktu                                                    : 3
           Perolehan Skor
Nilai Psikomotorik  = -------------------------- x 100 %
                                                        Skor Maksimal (32)










1. Jobsheet Praktik
JOBSHEET PRAKTIKUM
Satuan Pendidikan             : SMK
Kelas/semester                  : X / 2 (Genap)
Mata Pelajaran                 : Perakitan Komputer
Alokasi Waktu                 : 4 x 45 Menit
Kompetensi Dasar:
Perawatan Komputer Secara Berkala
Materi Dasar:
Membuat jadwal perawatan komputer secara berkala
Tugas Peserta Didik:
a. Membuat laporan jadwal perawatan komputer secara berkala
A. Petunjuk Praktik
1. Siapkanlah peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan
2. Buat laporan jadwal perawatan komputer secara berkala
3. Simpanlah peralatan pada tempatnya
B. Keselamatan Kerja
1. Gunakanlah pakaian kerja
2. Siapkan/kontrol media dan peralatan yang akan dipraktikkan
3. Ikutilah instruksi dari instruktur ataupun prosedur kerja yang tertera pada lembar kerja
4. Mintalah ijin dari instruktur anda bila hendak melakukan pekerjaan yang tidak tertera pada lembar kerja
5. Bersihkan/rapikan dan kontrol kembali media dan peralatan selesai praktik
C. Alat dan Bahan:
1. Komputer

2. Penilaian Psikomotorik
No.
Sub Komponen Penilaian
Indikator
Skor
1.
Keselamatan Kerja

§  Memakai pakaian kerja
§  Menyalakan komputer sesuai SOP
§  Menyimpan peralatan setelah praktik
2
2
2
(6)
2.
Persiapan Peralatan



§  Menyiapkan alat
§  Menyiapkan komputer
§  Menyiapkan job sheet

2
2
2
(6)
3.



Proses Kerja



§  Membuat laporan jadwal perawatan komputer secara berkala

4

 (4)
4.
Hasil Praktik

§  Jadwal sesuai dengan seringnya komponen komputer kotor
4

 (4)
5.
Waktu Penyelesaian Praktik


§  Waktu penyelesaian praktik lebih cepat dan pekerjaan benar
§  Waktu penyelesaian praktik tepat sampai batas yang ditentukan dan pekerjaanbenar
§  Waktu melebihi batas yang ditentukan
4

3

1
(8)
Catatan:
Peserta didik dinyatakan kompeten bila skor minimal pada:
a. Penerapan prosedur keselamatan kerja : 5
b. Penerapan prosedur kerja                       : 4
c. Hasil kerja                                              : 4
d. Waktu                                                    : 3
           Perolehan Skor
Nilai Psikomotorik  = -------------------------- x 100 %
                                                        Skor Maksimal (28)













Lampiran 6
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
N0
NAMA





INDIKATOR


Skor Total
SISTEMATIKA PENULISAN

KERAPIAN LAPORAN

BAHASA YANG DIGUNAKAN





















Rubrik Penilaian Portofolio
No.
ASPEK
KRITERIA DAN SKOR
3
2
1
1.
SISTEMATIKA PENULISAN
Jika siswa membuat laporan sesuai dengan sistimatika penulisan yang benar.
Jika siswa membuat laporan hanya sebagian saja yang sesuai dengan sistimatika penulisan yang benar.
Jika siswa membuat laporan tidak sesuai dengan sistimatika penulisan yang benar.
2.
KERAPIAN LAPORAN
Jika siswa membuat laporannya dengan rapi.
Jika siswa membuat laporannya kurang rapi.
Jika siswa membuat laporannya tidak rapi.
3.
BAHASA YANG DIGUNAKAN
Jika bahasa yang digunakan sangat komunikatif dalam membuat laporan.
Jika bahasa yang digunakan kurang komunikatif dalam membuat laporan.
Jika bahasa yang digunakan tidak komunikatif dalam membuat laporan.




About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

4 komentar:

  1. gan boleh minta file .docx buat rpp ini kh ...

    BalasHapus
  2. gan makasih bgt sangat membbantu contohnya, ditunggu kd yg lainnya ya gan semga sukses selalu buat jenengan

    BalasHapus
  3. klo ada yg dri awal mpe terakhir om. klo suruh bli gpp om brp

    BalasHapus